Rich pin pinterest

Turotial/Cara Memperbaiki Kartu Memori/SD Card yang Rusak Tanpa di Format/Hapus Data

Tentu kita tahu dengan kartu memori/sd card yang ada di handphone kita kan? Ya, tujuannya untuk menyimpan berbagai file baik itu gambar, video, lagu, bahkan bisa untuk menyimpan file pdf dari komputer dll. Lalu ketika kartu memori/memory card kita rusak kita akan merasa resah karena semua file akan hilang semuanya, baik itu foto, video, lagu, dll. Tapi, jangan resah karena ada beberapa cara untuk memperbaiki kartu memori/ sd card yang rusak tanpa di format/hapus data.

Cara Memperbaiki Kartu Memori/SD Card yang Rusak Tanpa di Format/Hapus Data

Sebelum kita membahas cara memperbaiki kartu memori/sd card rusak lebih baik kita pelajari penyebab kartu memori/sd card rusak terlebih dahulu.

Penyebab Kartu Memori Rusak

Sebenarnya ada beberapa faktor/penyebab kartu memori bisa rusak, diantaranya: 

1. Terkena Virus

Nah perlu diketahui apabila kita mendownload sebuah aplikasi, pilihlah di situs download aplikasi yang aman/terpercaya seperti di google playstore, karena tidak jarang ketika kita mendownload aplikasi di sebuah situs yang tidak aman viruspun bisa terdownload dan merusak sistem kerja memori Anda.

2. Salah Cara Memindahkan 

Terkadang kita selalu asal memindahkan kartu memori, alangkah baiknya sebelum di pindahkan kartu memori hp dimatikan dulu, atau ke pengaturan kartu memori dan pilih Lepas Aman.

3. Terkena Minyak/Kotoran 

Pastikan memori Anda bersih dari kotoran ataupun minyak, karena bisa membuat kartu memori tidak terhubung ke hp/card reader.

4. Magnet

Anda harus tahu kalau magnet bisa merusak susunan data dalam sebuah kartu memori/sd card. Maka hindarilah.

Mungkin ke 4 ini lah beberapa kemungkinan penyebab kartu memori/sd card rusak yang paling sering terjadi. Sekatang kita akan membahas bagaimana cara memperbaiki kartu memori/sd card yang rusak tanpa harus di format/hapus data.

Cara Memperbaiki Kartu MemoriSD Card yang Rusak Tanpa di FormatHapus Data

Cara Memperbaiki Kartu Memori/SD Card yang Rusak dengan Aman 

1. Membersihkan Kartu Memori/SD Card

Cara membersihkan disini yaitu secara manual. Yaitu dengan cara melepas kartu memori/sd card, lalu membersihkan lempengan tembaga yang berwarna keemasan, bersihkan dengan pengahapus pensil dengan perlahan. Karena bisa saja, jika ada bagian kotoran pada kartu memori/sd card menjadi sulit terdeteksi oleh handphone/card reader.

2. Scanning Dengan Anti Virus di Komputer/Laptop

Untuk memperbaiki kartu memori/sd card ke 2 yaitu dengan menggunakan Anti Virus yang ada di komputer/laptop, dengan cara scanning kartu memori/sd card. Karena ada sebagian virus yang memblokir akses kartu untuk di baca oleh handphone Anda. Anda bisa menggunakan berbagai merek anti virus seperti Smadav, Avira, AVG, dll. Apabila proses scanning telah selesai dan benar terdeteksi virus segera bersihkan virusnya kemudian pasangkan kembali kartu memori/sd card ke handphone Anda.

3. Mengecek Lewat Komputer 

Jika kedua cara diatas tidak berhasil, maka coba untuk mengeceknya lewat komputer dengan cara menghubungkan langsung handphone Anda ke komputer dengan Kabel USB atau melepas kartu dan memasukkannya ke Card Reader. Jika menggunakan Kabel USB pastikan di layar handphone Anda terhubung ke Mass Storage Mode. Lalu, pilih menu Properties, Lalu pilih Tools, dan pilih Error Checking. Apabila setelah proses selesai, Anda eject terlebih dahulu, dan cek apakah kartu memori/sd card berfungsi lagi atau tidak.

4. Memformat Kartu Memori/SD Card

Memformat terkadang menjadi jalan terakhir agar kartu memori/sd card berjalan dengan normal, namun resikonya Anda akan kehilangan semua file baik itu foto, video, musik, dll. Pertama masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Kartu Memori/SD Card, lalu pilih Format Memori/Hapus Memori. Sistem di handphone akan langsung otomatis membersihkan semua file yang ada di kartu memori/sd card. Kartu memori/sd card yang sudah di format kemungkinan bisa dipakai dan normal seperti baru.

Namun demikian banyak kasus kartu memori/sd card hanya tidak bisa di baca di handphone saja, tapi di komputer terbaca. Alangkah baiknya Anda meng Copy semua file yang ada di kartu memori/sd card dan menyimpannya di Komputer terlebih dahulu. Setelah aman, anda dapat memformat kartu memori secara langsung dengan memilih menu Format. Setelah proses selesai, pindahkan kembali data file yang sebelumnya di Copy di komputer ke kartu memori/sd card Anda. 

Apabila dari ke empat cara diatas kartu memori/sd card tetap rusak, alangkah baiknya membeli yang baru, karena kartu tersebut tidak bisa digunakan kembali. 

Terima kasih telah mengunjungi, semoga bermanfaat untuk Anda. Apabila ada request/pertanyaan silahkan komentar.

No comments for "Turotial/Cara Memperbaiki Kartu Memori/SD Card yang Rusak Tanpa di Format/Hapus Data"

Subscribe from Email